home about project archives id place




















Wawancara: House Natural Fiber

oleh: IACC ADMIN | Lain-lain | 5 Tahun lalu

Berikut hasil wawancara singkat dengan Irene/House Natural Fiber melalui email.

1.Bisa jelaskan tentang House Natural Fiber? kenapa memakai nama tersebut? kapan mulai berdiri/beraktifitas?
Dinamakan House Of Natural Fiber karena berawal dari sebuah komunitas yang sering berkumpul di sebuah rumah di kawasan Jogja Barat. Berdiri sejak tahun 1999. Seiring dengan berjalannya waktu lebih sering disingkat dengan menggunakan HONF, dan pada tahun 2011 komunitas ini melegalkan diri di bawah naungan HONF Foundation.

2.Benarkah HONF konsen pada pengembangan seni dan teknologi? Kira-kira bagaimana nasib seni dimasa mendatang menurut HONF?
HONF berkonsentrasi pada pengembangan pendidikan dan pengetahuan dibidang seni, sains dan teknologi dengan mewadahkan semua kegiatannya dibawah sebuah kurikulum yang dinamakan Education Focus Program ( EFP). Seni dimasa mendatang menurut HONF, adalah seni yang bentuk aplikasinya dapat berguna bagi masyarakat.

3.Sebagai komunitas dengan konsep ???berbeda??? tentu saja banyak project yang sudah dikerjakan? Apa project yang paling berkesan?
Sejauh ini setiap project memiliki kesan tersendiri, karena biasanya setiap project yang dikerjakan bersifat generik dan dikerjakan secara interdisipliner. Project terakhir Micronation/Macronation mungkin adalah salah satu yang paling berkesan karena kita bekerja dengan berbagai kalangan dan institusi. Micronation/Macronation bekerja dengan seniman, praktisi, disainer, arsitek, perangkat desa hingga petani, dan mulai dari lembaga tani hingga lembaga tertinggi seperti PBB. Sehingga sangat kompleks di pengerjaanya

4.Saat ini sedang ramai dikembangkan program ekonomi kreatif terutama bagaimana seni aplikasi dapat mendukung ekonomi baru. Bagaimana komunitas anda melihat fenomena ini (dalam prespektif seni dan teknologi)?
Kami sangat mendukung, dan dari awal HONF berdiri kami berfokus pada pengembangan seni aplikasi yang dapat membawa dampak kemandirian baik itu dalam bidang teknologi maupun pengetahuan terlebih di bidang ekonomi.

5.Melihat karya-karya HONF terkesan sangat teknologi. Bagaimana HONF memandang kedudukan seniman dan ilmuwan?
Ilmuwan dan seniman pada dasarnya adalah pemrakarsa dan pencipta. Kreatifitas diperlukan di kedua bidang ini. Kedua belah pihak dapat saling melengkapi dan mengisi kekurangan masing-masing, yang pada akhirnya sama-sama bertujuan menciptakan inovasi yang berguna bagi masyarakat.

www.natural-fiber.com