home about project archives id place




















Wawancara: Isrol Media Legal

oleh: IACC ADMIN | Seni Rupa | 4 Tahun lalu

Berikut hasil wawancara dengan seniman yang kerap membuat karya ekspresi sosial didinding jalanan dan dikenal dengan nama Isrol Media Legal.
1. Isrol Medialegal, apa itu nama asli anda? Kalau bukan tolong jelaskan singkat termasuk aktivitas anda!
Isrol biasa orang memanggil saya, Media Legal Sebuah project seni di ruang publik serta merchandaise saya, yang saya kerjakan semenjak tahun 2000 hingga sampai saat ini, aktivitas saya jalan-jalan, berkarya-belajar dengan lingkungan yang menjadi pendidikan saya hingga kini.

2. Jika melihat foto-foto dokumentasi anda, sepertinya anda street artist, apakah benar? Tolong jelaskan apa yang anda lakukan!
Iya, saya berkarya di jalan dan tidak menutup kemungkinan mengaplikasikan ke media kertas dan kanvas. Buat saya seni menjadi media komunikasi, belajar, aplikasi tanpa batas dengan ide-gagasan yang sangat berarti.

3. Apakah anda melakukan itu sendiri atau bersama tim/ komunitas?
Dalam proses saya berkarya di ruang publik saya kerjakan sendiri, hanya hal teknis yang terkadang di bantu teman. Namun untuk proses berkarya yang saya kerjakan seperti membuat poster dan melukis saya kerjakan sendiri

4. Jika anda punya komunitas, tolong sebutkan nama dan kegiatan komunitas tersebut? Dan apa orientasinya dimasa depan?
Saya tidak punya komunitas. Tapi punya banyak keinginan di masa depan, orientasi saya di masa depan, pemerintah mestinya membuat sebuah fórum diskusi dengan para pelaku seni, kurator seni, arsitektur, budayawan, filmaker, aktivis serta lintas disiplin yang lainnya untuk membicarakan ide gagasan tentang kota, budaya, dan kebutuhan yang selalu berkembang.

5. Bagaimana menurut anda perkembangan komunitas seni di Indonesia saat ini? Gambarkan secara sederhana saja!
Komunitas di Indonesia cukup berkembang pesat dan tumbuh di setiap kota dengan berbagai praktek dan medium yang di eksplorasinya, gambarannya seperti komunitas video, street art, dan lintas disiplin yang menggunakan ejaring sosial media.

Nama :Isrol Triono
Telp :+62 081519246044
Address:Western Cape No.30, RT.05 RW.06 Jagakarsa South Jakarta
E-mail :isroltriono@yahoo.co.id
Blog :www.isrolmedialegal.blogspot.com" target=_blank title="goto www.isrolmedialegal.blogspot.com">www.isrolmedialegal.blogspot.com">www.isrolmedialegal.blogspot.com">www.isrolmedialegal.blogspot.com

INVOLVEMENT – ART COMMUNITIES

ISAD (Indonesian Street Art Database)
Jakarta, Indonesia 2011 - present
•Assisted in successful grant application with Cipta Media, which provides two-years of funding for the development of the Indonesian Street Art Database
•Continuously assist with development of ISAD activities including: archiving, community outreach, project development, and monthly discussions on topics related to art and public expression
•award.indonesianstreetartdatabase.org

SoloExhibitions:

2012: -Kersan kesan pertama begitu menggoda, Kersan Art Studio, Yogyakarta, Indonesia.
2011: -Making out with a plywood versus FFR, DGTMB Art Shop, Yogyakarta, Indonesia

Selected Group Exhibitions:
2013 - Menantang Ruang, Roemah 9A, Cibubur
2012 - Total WARNING, Kelas pagi Yogyakarta
- Woosah, Galeri Ber.seni Jakarta
- HYBIRD_Lite Box, Bentara Budaya Jakarta