home > column > detail
09 September 2015



Petakota

diposting oleh: admin

Kampung Purwodinatan – Semarang

“Lakukan hal sekecil apapun yang bermanfaat, tidak hanya angan-angan”

Penggalan kalimat Nasoy Udin sebagai Rukun Warga kampung Purwodinatan.
-----------------------------------------------------

Setelah sukses dengan kegiatan ‘Bok Cinta Project’ di Kampung Bustaman - Semarang, Pekakota 6 kali ini bersama Pihak kampung Purwodinatan meluaskan kegiatannya dalam pemetaan skala kelurahan, alhasil mendapatkan atensi publik yang cukup massif. Selain membuat peta online menggunakan open street map dan metode pelaporan, program ini juga melakukan pemetaan kisah keseharian warga. Pemetaan geografis dan sosiologis yang hasilnya dapat dilihat di web petasmg.com maupun pekakota.or.id.

Tak hanya berakhir dengan membuat peta online, program ini juga mengajak para street artist untuk merespons data yang di dapat dari hasil riset tentang sejarah kampung hingga kisah warga, dan pemuda.

Pery pemuda dari sekian banyak pemuda di kampung purwodinatan yang berprofesi sebagai juru parkir yang rajin dalam mendisiplinkan barisan motor di sebuah plataran gudang di kawasan pasar Johar – Semarang.

Pekakota project merupakan platform yang diinisiasi oleh Hysteria yang embrionya sudah ada sejak tahun 2013. Bergerak di isu kota, mendorong partisipasi masyarakat, dan menantang berbagai lintas disiplin ilmu untuk melakukan pendekatan terhadap persoalan-persoalan kota.

MediaLegal