home > exhibition > detail
08 Mei 2014


Catatan dari erupsi Kelud

oleh: Dedik Suharmanto

Tentang Karya/Pengkarya:

Pengantar Karya

Seri foto-foto dari letusan gunung Kelud ini ditampilkan untuk memberi pengetahuan bahwasanya Indonesia yang mempunyai 70 persen gunung berapi dunia semestinya memberi gambaran bahwa penduduknya harus lebih mengenal isi alam Indonesia secara baik dan menjadikan kewaspadaan terhadap berbagai fenomena alam yang akan selalu terjadi.

Alam selalu memberi pesan terlebih dahulu dengan apa yang akan terjadi esok hari

Caption: Roboh

Salah satu dari sekian rumah yang roboh di Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang Jawa Timur. kebanyakan rumah yang roboh karena atapnya tidak mampu menopang bobot pasir yang berlebihan.

Caption : Ditinggalkan

Motor yang ditinggalkan di dekat wisma tempat wisata Selorejo. para pemiliknya lari menyelamatkan diri saat letusan berlangsung tanggal 13 Februari 2014 pukul 11.00 waktu setempat.

Caption : Ditinggalkan (2)

Motor motor ini ditinggalkan begitu saja karena kondisi saat itu yang hujan abu dan batu, juga listrik yang mati membuat kondisi bersepeda tidak memungkinkan pada saat itu. orang orang ini menyelamatkan diri setelah ada truk yang menjemput mereka.

Caption: Kawasan Berbahaya Debu

Kondisi tempat wisata Selorejo diselimuti pasir tebal sisa letusan gunung Kelud. bersepeda motor disini rawan selip karen ketebalan pasir yang sampai diatas mata kaki.

Caption : Tanaman Debu

Akibat letusan gunung kelud banyak tanaman sayuran yang rusak tertutupi pasir. para petani di kecamatan ngantang kabupaten malang dipastikan akan merugi.


Caption : Ditinggalkan (3)

Banyak kendaraan yang ditinggalkan para pemiliknya di tepi jalan. hal ini disebabkan saat letusan gunung kelud terjadi. jarak pandang yang terbatas juga pasir yang terlalu tebal mengakibatkan pasir menumpuk di kaca depan kendaraan. sehingga semakin membahayakan saat berkendara.

Caption: Tertutup Pasir

Semua rumah yang ada di desa mantung kecamatan Pujon, atapnya tertutup pasir tebal. Masih banyak warga yang bertahan di rumahnya. karena kekhawatiran akan harta benda juga letusan susulan. para warga juga berusaha membersihkan atap rumah mereka agar tidak roboh karena terlalu berat menahan banyaknya pasir yang menumpuk.

Caption: Donasi Bantuan

Bantuan yang diterima dari para donatur banyak yang berupa air bersih dan terutama masker. sementara menurut PMI masih banyak kebutuhan balita yang belum terpenuhi seperti popok, susu dan makanan bayi.

Caption: Pengungsi

Total pengungsi yang mengungsi di Kota batu hampir mendekati 10 ribu jiwa. posko pengungsian yang disediakan oleh tim gabungan dari pemerintah kota, tim SAR dan badan penanggulangan bencana ditempatkan di balai desa seluruh kota batu dengan berpusat pada GOR Ganesha kota Batu.

Dedik Suharmanto

Malang, 11 Maret 1990
Jl. Patimura gg 5 no. 4 Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu
Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang