home > exhibition > detail
04 April 2015


Painting Over Old Money

oleh: Dartin Yudha

Tentang Karya/Pengkarya:

Dalam perkembangan seni rupa khususnya seni lukis, utamanya konteks perkembangan kebudayaan global, pada tataran realita, tidak hanya menempatkan seni rupa Indonesia sebagai bingkai yang memiliki nilai-nilai kebangsaan. Oleh karenanya tidaklah berlebihan apabila nilai-nilai estetika kerupaan, yang dipilih pelukis Dartin Yudha alumnus LPKJ angkatan th 1978 telah memilih “Painting Over Old Money” sebagai bentuk karya seni rupa orisinal yang menempatkan dirinya sebagai penemu aliran seni lukis di atas uang-- “Is The First Work Art In The World, and Dartin Yudha is The Pioneer From Indonesia”. Nilai-nilai apresiatif tersebut, kemudian dijadikan konsepsi pemikiran dan citra diri dari sebuah bangsa.

Jika disandingkan mungkin satu-sama lain, melukis di atas uang sepintas merupakan dua media yang ambigu; uang dalam pemikiran perspektif umum kerap disimbolkan sebagai bentuk harta kekayaan, kekuasaan, sedangkan seni lukis abstrak diibaratkan sebuah bentuk inovasi dalam berkarya yang menciptakan genre baru.

Demikian antara uang dan seni rupa yang kemudian dijadikan sebagai konsep dasar yang melandasi elaborasi rupa dalam Pameran Seni Rupa karya Dartin Yudha, dengan tajuk PAINTING OVER OLD MONEY.

Kita pahami bahwa seni abstrak bukanlah semata ekspresi dunia dalam, tetapi juga buah dari aktivitas intelektual seorang seniman dalam mewujudkan harkat dan martabat manusianya.


Mengenal Siapa Gerangan Dartin Yudha

Di tahun 1978 ia pernah Ikut bermain teater “Bel Gedu Bel Beh” garapan Sutradara Danarto, di TIM (Taman Ismail Marzuki) Jakarta, di tahun 1981 Juara I Festival Teater (sebagai Sutradara) se Kab. Indramayu, di Indramayu, dan Juara I Festival Teater (sebagai Sutradara) se – Jawa Barat, di Bandung.
Pengalaman yang lain di tahun 1982 Pernah mendapatkan kehormatan mementaskan teater (sebagai Sutradara) dalam Ulang Tahun Golkar di Panti Budaya Indramayu. Serta di tahun 2000 Ikut mendirikan Dewan Kesenian Indramayu dan pernah menjadi Ketua Komite Seni Rupa Dewan Kesenian Indramayu periode 2001 – 2004. Kini bertugas dengan setia sejak tahun 2004 Penasehat Dewan Kesenian Indramayu. Dan, di tahun 2007 – hingga sekarang memosisikan diri sebagai pemerhati seni dan memberikan wejangan kehidupan