Forum Seni Berdasarkan pada Pembelajaran Bersama oleh: IACC ADMIN | Seni Rupa | 9 Tahun lalu
Oleh, Arif Bagus Prasetyo
Kita hidup di dunia global. Memang benar bahwa globalisasi telah menghapus jarak geografis dan mempromosikan demokratisasi. Namun, itu tidak menyebabkan jarak budaya yang ada di tingkat yang berbeda harus dekat. Untuk tingkat tertentu, jarak budaya membawa sentimen budaya berlebihan atau bahkan tak terduga membawa gangguan sosial pada tingkat lokal, nasional, regional maupun global. Dalam era globalisasi, setiap masyarakat harus menghadapi tantangan untuk menjaga sentimen budaya yang sehat dan konstruktif.
Globalisasi juga menyediakan dorongan budaya internasionalisme. Mempertimbangkan bahwa globalisasi modal awal berasal dari Eropa dan dilanjutkan sekarang oleh Amerika Serikat, internasionalisme budaya adalah sebuah ekspresi dari globalisasi dan menandakan generalisasi dan standardisasi dari negara-negara maju. Budaya internasionalisme sistematis posisi Barat sebagai satu-satunya orientasi sah, agen tunggal atau generator nilai baru yang boleh disamakan dengan “kemajuanâ€, dengan mencap nilai-nilai lain seperti “tidak signifikanâ€.
Dalam pengertian ini, budaya internasionalisme adalah hanyalah salah satu nama untuk budaya imperialisme. Dengan dukungan dari jaringan informasi global, budaya internasionalisme memiliki potensi bahaya besar monkulturalisme, kelahiran yang mengasingkan budaya akar mereka, komunitas, dan menghancurkan identitas lokal. Keinginan palsu terpuaskan oleh media massa segera digantikan oleh ofexistence kehampaan. Seperti yang telah dikatakan oleh Ames Petras dalam Imperalisme budaya pada akhir abad ke- 20. '' salah satu strategi terbesar di era ini adalah konsep globalisasi ideologi, pasar dan gerakan.
Menghadapi peluang bahwa globalisasi menyediakan (demokratisasi, kesetaraan, kebebasan berekspresi, dll) serta tantangan (ketegangan sentimen budaya) dan bahaya (budaya imperialisme/ monokulturalisme yang mengarah ke krisis identitas), nilai pluralistik budaya harus berharga dan diperluas.
Pluralisme sejati hanya bisa terwujud di bawah pondasi saling subjektivitas dimana subjek tidak mengecualikan orang lain. Pertukaran budaya harus diadakan sebagai pelestarian keanekaragaman budaya dengan menghargai identitas-identitas budaya yang berbeda. Dalam hal ini, pameran pertukaran seni Myanmar-Indonesia †Ongoing Echoes 2â€, sangat signifikan. Seperti yang telah diusulkan dalam judul pameran ini adalah kelanjutan dari pameran seni yang berjudul "Ongoing Echoes" di Yangon, Myanmar, tahun lalu. Pada Juli 2010, enam seniman Indonesia (Antonius Kho, Sujana Kenyem, Ronald Apriyan, Bahtiar Dwi Susanto, Heri Purwanto, Lugas Syllabus) mengunjungi Myanmar dan memamerkan karya-karya mereka berdampingan dengan karya-karya keenam seniman Myanmar (Aye Ko, Sandy, Kyu Kyu, Sandar Kaing, Kaung Su, Hnin Dali Aung). Sekarang giliran Indonesia menjadi tuan rumah program pertukaran seni. Dalam pameran saat ini di Bali, Indonesia diwakili oleh seniman yang sama, sementara Myanmar diwakili oleh Aye Ko, Kyu Kyu, Sandar Kaing, Kaung Su, Hein Thit dan Zun Ei Phyu.
Para seniman Indonesia dan Myanmar menunjukkkan berbagai tren seni. Namun, ada “benang merah†menghubungkan visi mereka. Kerja kreatif mereka tampaknya menjadi ziarah untuk menemukan oasis keberadaan otentik di gurun realitas kontemporer. Upaya artistik mereka merupakan upaya untuk mendatangkan pengalaman eksistensial mereka sebagaimana mereka berhubungan dengan dunia. Karya-karya seni mereka mencerminkan gerakan eksistensial diri sebagai perjuangan untuk merangkul kenyataan otentik sebanyak mungkin
Antonius Kho dan Kaung Su menanggapi masalah identitas sering dibesarkan oleh globalisasi. Karya-karya mereka mencerminkan proses yang rumit dan mengganggu mendefinisikan identitas yang jelas dan aman. Heri Purwanto dan Sujana Kenyem menyoroti isu-isu identitas dari sudut pandang berbeda. Melalui pengaturan ofvarious tradisional motif dekoratif, Lukisan abstrak Heri Purwanto meningkatkan kesadaran tentang pentingnya identitas etnis di era postmodern dan menyarankan mencari orkestrasi bermakna keragaman dan perbedaan. Sujana Kenyem mengeksplorasi ide-ide harmoni antara manusia dan alam dengan pola dicat berulang, berirama dan simbolis. Kyu Kyu menenggelamkan ke kedalaman jiwa mereka untuk menciptakan semacam “ carthography†dalam lukisan mereka. Sedangkan Aye Ko dan Kyu Kyu lebih formal dan bijaksana dalam artistik mereka: eksplorasi, channel Ronald Apriyan bermain-main dengan antusiasme dan tidak peduli dengan kesulitan teknis atau kecanggihan. Hein Thit dan San dar Khaing memfokuskan perhatian mereka pada wacana tubuh. Karya-karya mereka menggarisbawahi pentingnya tubuh manusia sebagai medan perang politik dan ideologi dalam masyarakat kontemporer. Karya Zun Ei Phyu dan Bahtiar Dwi Susanto mencerminkan kekuatan gambar, teknologi dan media untuk memanipulasi persepsi kita tentang realitas. Zun Ei Phyu merevitalisasi lukisan still life untuk pertanyaan batasan antara alam dan buatan. Bahtiar Dwi Susanto membuat tanda multi-layered dengan makna ambigu untuk menantang kemampuan kita untuk menerima dan memproses informasi. Melalui humor yang keras, Lugas syllabus memperlihatkan gejala budaya dekadensi dalam masyarakat kontemporer. Angka-angka yang karikatural dalam karyanya tampak manifestasi dari kekerasan yang meresap, teror, dan kegilaan yang menyerang kehidupan sehari-hari.
Mengingat pengalaman umum sebagai koloni, negara multi-etnis dan korban rezim represif militer, Indonesia dan Myanmar dapat belajar banyak dari satu sama lain. Tidak diragukan lagi bahwa dampak dari globalisasi telah mempengaruhi Indonesia dalam skala yang lebih besar daripada Myanmar, relatif terisolir dari dunia luar. Namun, kedua negara memiliki banyak hal untuk berbagi agar lebih baik dilengkapi dalam tawar-menawar dengan proses yang tidak dapat dihindari dari proses globalisasi dan konsekuensi-konsekuensinya. Dan pertukaran seni antara Indonesia dan Myanmar menyediakan forum budaya bermanfaat untuk berbagi di era globalisasi, kesempatan dan kebutuhan untuk pertukaran budaya bertumbuh. Namun, hal tersebut harus dibedakan dari membuka budaya berpikir seperti itu yang dapat menghancurkan identitas budaya minoritas dan budaya asli. Pertukaran harus menjadi sebuah kesempatan untuk komunikasi yang didasarkan pada saling belajar, pemahaman dan apresiasi.
Pertukaran Seni Indonesia-Myanmar di Yangon dan di Bali tidak harus berakhir sebagai fungsi kejadian di mana karya-karya dua daerah hanya ditampilkan, tapi harus ada introspeksi tentang kebudayaan daerah dan sejarah dan akan diperluas ke pemahaman dan refleksi pada kebajikan warisan negara masing-masing. Mari berharap forum seni ini dapat menghasilkan momentum dan membuka lebih lanjut peluang terus pertukaran kebudayaan antara kedua negara.
*Teks kuratorial On Going Echos #2, Indonesia – Myanmar, Tanah Tho Gallery - Ubud Bali, Indonesia, 2011
|